Selasa

Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah Singkat Tentang Asal-usul Dan Perkembangan Bahasa Inggris

Sejarah bahasa Inggris dimulai dengan kedatangan tiga suku bangsa Jerman yang menyerbu Inggris pada abad ke-5. Suku-suku tersebut adalah suku Angles, suku Saxon, dan suku Jutes, mereka menyebrangi North Sea (laut utara) yang sekarang dikenal dengan nama Denmark dan Jerman bagian utara. Pada waktu itu penduduk Inggris berbicara bahasa Celtic. Kenudian sebagian besar pembicara bahasa Celtic tersebut diusir oleh para penjajah ke daerah bagian barat dan utara, yang sekarang disebut Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Suku Angles berasal dari "Englaland" dan bahasa mereka disebut "Englisc" yangmana kata "English" adalah turunan dari kata tersebut.

Penjajah Jerman memasuki Inggris di pantai bagian timur dan selatan pada abad ke-5.

Bahasa Inggris Lama / Kuno (450-1100 AD)

Penyerangan suku Bangsa Jerman pada waktu itu menggunakan / berbicara bahasa yang sama yang mana di Inggris berkembang menjadi apa yang disebut sebagai bahasa Inggris Kuno / Lama. Bahasa Inggris Kuno tidak terdengar / tidak sama seperti bahasa Inggris sekarang ini. Penutur asli bahasa Inggris sekarang akan sangat sulit memahami bahasa Inggris Kuno. Namun, sekitar setengah dari kata-kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris memiliki akar bahasa Inggris Kuno / berasal dari bahasa Inggris Kuno. Misalnya kata be, strong, dan water berasal dari bahasa Inggris Kuno. Bahasa Inggris Kuno digunakan sekitar samapai tahun 1100. Gambar di samping merupakan potongan dari sebuah puisi yang berjudul Beowulf yang ditulis dalam bahasa Inggris Kuno.

Bahasa Inggris Abad PErtengahan (1100-1500)

In 1066 William the Conqueror, the Duke of Normandy (part of modern France), invaded and conquered England. The new conquerors (called the Normans) brought with them a kind of French, which became the language of the Royal Court, and the ruling and business classes. For a period there was a kind of linguistic class division, where the lower classes spoke English and the upper classes spoke French.
Pada abad ke-14, bahasa Inggris menjadi bahasa yang dominan lagi digunakan, tetapi ada banyak penambahan kata-kata yang berasal dari bahasa Perancis yang kemudian bahasa ini disebut dengan bahasa Inggris abad pertengahan yang merupakan bahasa yang digunakan oleh seorang Penyair besar yang bernama Chaucer (c1340-1400), namun tetap saja masih sulit bagi penutur asli bahasa Inggris sekarang untuk memahaminya. Gambar di samping merupakan sebuah contoh bahasa Inggris abad pertengahan yang digunakan oleh Chaucer.

Bahasa Inggris Modern

Permulaan Bahasa Inggris Modern (1500-1800)

Menjelang akhir bahasa Inggris abad pertengahan, perubahan dan perbedaan mendadak terhadap pengucapan mulai, yang mana bunyi vokal diucapkan semakin pendek. Dari abad ke-16 orang-orang Inggris berhubungan dengan banyak orang dari seluruh dunia. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar